Skip to content Skip to footer

Ecosystem Restoration Resources Centre (ERRC)

Burung Indonesia merupakan organisasi inisiator restorasi ekosistem di Indonesia melalui pengembangan pengelolaan hutan berkelanjutan di hutan produksi dalam rangka kontribusi pengurangan degradasi dan deforestasi hutan.

landscape 1 - Copy

Berdasarkan arah pemanfaatanya, 30,6 % hutan produksi tidak dikelola oleh manajemen unit atau bersifat open access sehingga mempunyai kecnederungan terancam. Inovasi restorasi ekosistem menjadi pendekatan ideal untuk melindungi dan memulihkan kawasan-kawasan tersebut.

DSC_0999 - Copy

Burung Indonesia juga mengembangkan kemitraan dalam restorasi ekosistem dengan cara mengumpulkan pihak-pihak yang tertarik untuk mempromosikan dan memajukan usaha restorasi ekosistem di hutan produksi melalui pembangunan Ecosystem Restoration Resources Centre (ERRC) di Hutan Harapan yang terletak di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

Ruang lingkup ERRC

ERRC sebagai pusat informasi tentang restorasi ekosistem mempunyai mandat utama:

  • Memperkuat pengetahuan tentang restorasi ekosistem
  • Mempromosikan restorasi ekosistem melalui publikasi pengembangan kapasitas, portal website, pelatihan formal, kursus, dll
  • Membangun jaringan dan kemitraan dengan para pihak baik nasional maupun internasional
  • Mendukung pengembangan kebijakan dan regulasi nasional yang inovatif (termasuk perubahan iklim) untuk mendorong dan mengarusutamakan restorasi ekosistem

IMG_7875 - Copy

Capaian ERRC

Saat ini ERRC menjalankan mandat melalui kelompok kerja kebijakan restorasi ekosistem, konsultasi dengan para pihak, pengarusutamaan restorasi ekosistem, penyusunan material promosi restorasi ekosistem (buku, film, laporan) serta produksi material penyadartahuan (info singkat, pembelajaran terbaik, info brief, brosur, dan leaflet).

BURUNG INDONESIA-AULIA ERLANGGA (1) - Copy

Berbagai produk pengetahuan tersebut berguna dalam memperkuat pengelolaan restorasi ekosistem pada tingkatan unit manajemen di Hutan Harapan yang merupakan pemegang ijin konsesi RE pertama di Indonesia serta pemegang izin restorasi ekosistem pada umumnya.

id_IDIndonesian