Skip to content Skip to footer

Laporan Tahunan Burung Indonesia 2017

DIAN AGISTA (Direktur Eksekutif Burung Indonesia)

Burung Indonesia lahir 15 tahun yang lalu dan berdiri sebagai organisasi konservasi berbasiskan keanggotaan yang berupaya menjaga dan melestarikan keragaman burung dan habitatnya di Indonesia. Banyak upaya dilakukan di berbagai penjuru Indonesia, dari Sumatera di barat, Halmahera di timur; dari Talaud di utara, hingga Sumba di bagian selatan.

Menjadi tempat hidup bagi 1769 jenis burung, 512 jenis di antaranya endemis, merupakan sebuah anugerah tak ternilai yang dimiliki Indonesia. Pada saat yang sama, dengan 160 jenis terancam punah secara global yang dimilikinya, Indonesia menjadi negara yang sangat penting dalam upaya melestarikan jenis-jenis burung dari kepunahan dan menjaga habitatnya dari kerusakan. Upaya ini tidak akan pernah berhasil jika hanya dilakukan oleh pemerintah, organisasi non-pemerintah, segelintir praktisi. Upaya pelestarian keragaman hayati mesti menjadi bagian dari keseharian masyarakat secara luas.

Pada 21 Juli 2017, Burung Indonesia secara resmi membuka Program Keanggotaan. Melalui program ini Burung Indonesia membuka kesempatan bagi masyarakat luas untuk berperan aktif menjadi bagian dari upaya pelestarian berbagai jenis burung dan habitatnya di Indonesia. Burung Indonesia berharap setiap elemen masyarakat mengambil peran dalam upaya konservasi keragaman hayati di Indonesia. Bergabunglah menjadi anggota Burung Indonesia.


Mari mengenal lebih dekat bagaimana Burung Indonesia bekerja melindungi keanekaragaman hayati dan habitatnya, serta bersama masyarakat melestarikan alam dengan mengunduh dokumen di bawah ini

Laporan tahunan ini memberikan kami kesempatan untuk melaporkan kepada Anda–bagian dari masyarakat yang mendukung kinerja kami–mengenai aksi konservasi yang kami lakukan, dukungan publik dan kemitraan, serta laporan keuangan Burung Indonesia selama 2017.

UNDUH DOKUMEN LAPORAN TAHUNAN 2017 VERSI INGGRIS (1.84MB)

UNDUH DOKUMEN LAPORAN TAHUNAN 2017 VERSI INDONESIA (7.23MB) 

id_IDIndonesian