Skip to content Skip to footer

Berperan dalam aksi konservasi!

Dengan menjadi Anggota Burung Indonesia, berarti Anda ikut serta dalam melestarikan 1818 spesies burung di Indonesia dan melindungi 228 Daerah Penting bagi Burung dan Keragaman Hayati.

Burung Indonesia

Perhimpunan Pelestarian Burung Liar Indonesia atau dikenal dengan nama Burung Indonesia, adalah organisasi konservasi berbasiskan keanggotaan yang berdiri pada tanggal 15 Juli 2002.

Misi organisasi ini adalah menjaga keragaman burung dan habitatnya di Indonesia; bekerja sama dengan masyarakat untuk mencapai pembangunan yang lestari; dan membangun apresiasi, pemahaman, kepedulian, serta kecintaan kepada burung dan lingkungan.

Keanggotaan Burung Indonesia

Indonesia menjadi rumah bagi 1818 jenis burung sehingga mejadi predikat negara keempat di dunia untuk jumlah burung tertinggi.

Burung Indonesia menyediakan wadah bagi masyarakat luas untuk menyalurkan aspirasi dan konservasi praktis untuk melestarikan burung dan habitatnya serta keragaman hayati di Indonesia.

Burung Indonesia mengajak masyarakat untuk menjadi bagian dari upaya dan aksi nyata pelestarian burung dan alam di Indonesia dengan bergabung sebagai Anggota Perhimpunan Pelestarian Burung Liar Indonesia.

Kegiatan Berkala

Asian Waterbird Census (AWC)

Asian Waterbird Census (AWC) adalah bagian integral dari program pemantauan burung air global International Waterbird Census (IWC) yang dikoordinasikan oleh Wetlands International. Dalam kegiatan ini, anggota perhimpunan dan masyarakat luas dapat mengenal kehidupan spesies burung air secara langsung. Peserta diharapkan pula dapat menjaga kelestarian burung-burung air beserta habitatnya.

Merayakan Keragaman Burung di Indonesia (MKBI)

Setiap tahunnya, Burung Indonesia mengundang anggota perhimpunan dan masyarakat luas untuk merayakan keragaman burung di Indonesia. Dalam perayaan ini, Burung Indonesia mengadakan berbagai aktivitas seperti pengamatan burung, fotografi satwa liar, diskusi publik, aksi bersih lingkungan, dan beragam kegiatan lainnya.

Nature Trip

Nature trip merupakan bagian dari Program Keanggotaan Burung Indonesia yang dilaksanakan khusus bagi anggota perhimpunan. Dalam kegiatan ini, anggota melakukan perjalanan ke lokasi-lokasi yang memiliki keanekaragam hayati yang tinggi. Tujuan dari kegiatan ini tidak hanya untuk memperkenalkan  keanekaragaman hayati lebih dekat, namun juga menjalin pertemanan antar anggota perhimpunan lainnya.

Raptor Migratory Watch

Indonesia merupakan salah satu daerah penting bagi berbagai jenis burung yang bermigrasi, termasuk spesies burung raptor. Diperkirakan sekitar satu juta burung raptor melintasi koridor Jalur Terbang Asia Timur-Australasia (East Asian-Australasian Flyway) yang membentang sekitar 7.000 kilometer. Burung Indonesia mengajak anggota perhimpunan dan masyarakat luas untuk melakukan pengamatan burung raptor setiap tahunnya pada musim puncak migrasi.

Tea Time with Burung Indonesia

Untuk menyebarkan informasi dan pengetahuan upaya konservasi, Burung Indonesia menggelar acara diskusi rutin bernama Tea Time with Burung Indonesia. Dalam acara ini, anggota perhimpunan dan masyarakat umum dapat berdialog dengan praktisi konservasi, akademisi, komunitas, maupun aktivis lingkungan secara langsung.

Kenapa Harus Bergabung?

Menjaga dan melestarikan 1818 jenis burung di Indonesia.

Menjaga dan melindungi 23 Daerah Burung Endemis dan 228 Daerah Keragaman Hayati bagi Burung.

Menjadi bagian dari Anggota BirdLife International. Organisasi alam terbesar dunia.

Persyaratan Anggota Burung Indonesia

  • Berusia di atas 21 tahun.
  • Menyetujui syarat dan ketentuan sebagai anggota yang ditetapkan oleh perhimpunan.
  • Menyerahkan bukti salinan identitas legal.
  • Membayar iuran keanggotaan.

Peran Anda sebagai Anggota Burung Indonesia

  • Pendukung kegiatan Burung Indonesia.
  • Membantu menyebarkan kegiatan Burung Indonesia.
  • Memperluas jejaring dengan para pihak untuk meningkatkan dukungan terhadap Burung Indonesia.

Fasilitas Apa yang Akan Kamu Dapatkan?

Memiliki hak suara sebagai Anggota Perhimpunan

Mendapatkan paket keanggotaan dan informasi berkala seputar program Burung Indonesia

Berkesempatan terlibat dalam program dan aktivitas Burung Indonesia

Jenis Keanggotaan

Reguler Member

IDR250.000 (Indonesia)
USD25 (Overseas)

  • Kartu dan sertifikat keanggotaan
  • Pin dan topi
  • Nawala elektronik (e-Newsletter)
  • Mendapatkan potongan sebesar 10% untuk pembelian merchandise Burung Indonesia (Burung Shop)

Premium Member

IDR 500.000 (Indonesia)
USD 50 (Overseas)

  • Kartu dan sertifikat keanggotaan
  • Pin dan topi
  • Majalah Burung Indonesia
  • Nawala elektronik (e-Newsletter)
  • Mendapatkan potongan sebesar 15% untuk pembelian merchandise Burung Indonesia (Burung Shop)

Ayo Bergabung!

Bersama Anda, Melestarikan Alam Nusantara

id_IDIndonesian