Skip to content Skip to footer

Lowongan Kerja Community Participation Officer (CPO) & Community Facilitator (CF)

Burung Indonesia adalah organisasi nirlaba yang telah bergiat sejak 15 Juli 2002, bertujuan melestarikan seluruh jenis burung liar dan habitatnya di Indonesia, serta bekerja sama dengan masyarakat untuk mencapai pembangunan yang lestari. Untuk melaksanakan program-programnya, saat ini Burung Indonesia membutuhkan tenaga profesional untuk mengisi posisi berikut:

  1. Community Participation Officer (CPO)

Memastikan kegiatan-kegiatan konservasi keragaman hayati dan pengembangan komunitas di wilayah kerja Program Halmahera terlaksana secara partisipatif, sinergis dengan kebijakan pembangunan desa dan kabupaten, serta unit pelaksana teknis pemerintah pusat yang relevan.

Lokasi kerja:

Maluku Utara

Tugas Utama:

  1. Mengoordinasi pengkajian kondisi keragaman hayati, sosial dan ekonomi serta penyusunan kesepakatan pelestarian alam desa melalui berbagai metode pengkajian dan perencanaan partisipatif.
  2. Memfasilitasi sinergi antara kegiatan Burung Indonesia dengan program desa dan kabupaten/dinas, serta unit pelaksana teknis pemerintah pusat.

 

  1. Community Facilitator (CF)

Bersama komunitas melaksanakan pengkajian dan pemetaan kondisi sosial, ekonomi dan keragaman hayati, serta mendampingi masyarakat dan pemerintah desa dalam perencanaan, penyusunan dan pelaksanaan kesepakatan pelestarian alam desa.

Lokasi kerja:

Maluku Utara

Tugas Utama:

  1. Melaksanakan wawancara, melakukan survey dan memandu diskusi dalam rangka pengkajian kondisi sosial, ekonomi dan keragaman hayati serta penyusunan kesepakatan pelestarian alam desa.
  2. Mengidentifikasi potensi serta merencanakan dan melaksanakan pengembangan sumber-sumber penghidupan yang berkelanjutan.

 

Persyaratan:

  1. Pendidikan:
    1. CPO: S1 dari disiplin ilmu sosial atau pengelolaan sumber daya alam, atau berpengalaman lebih dari 5 tahun dalam tugas-tugas yang sama.
    2. CF: SMA atau sederajat.
  2. Pengalaman bekerja:
    1. CPO:
  • Memfasilitasi pengkajian, pemetaan dan perencanaan partisipatif dengan warga dan pemerintah desa.
  • Memfasilitasi sinergi program dengan rencana pembangunan desa maupun kabupaten/dinas.
    1. CF:
  • Menjadi fasilitator komunitas dalam proyek pengembangan komunitas atau pengelolaan sumber daya alam.
  • Menyusun rencana kegiatan dan anggaran, mendokumentasikan proses dan hasil kegiatan, serta membuat laporan.
  1. Mampu bekerja secara mandiri maupun di dalam tim, serta mengutamakan pencapaian hasil.
  2. Berkemampuan inter-personal baik dan mampu memotivasi kelompok.

 

Surat lamaran dan CV dikirim ke recruit@burung.org, dengan subjek email : (kode posisi_nama lengkap) diterima paling lambat 29 Maret 2018. Hanya pelamar yang memenuhi syarat yang akan dipanggil untuk wawancara. Laki-laki dan perempuan mendapat kesempatan yang sama.

id_IDIndonesian