Skip to content Skip to footer

Belajar Melindungi Lingkungan Sekolah Agar Burung Tetap Berkicau

student visit_01Kesibukan sehari-hari warga di perkotaan kerap mengurangi kesadaran bahwa burung-burung nan cantik dan merdu masih berada di sekitar mereka. Tapi sebagai sosok yang lugu, anak-anak adalah pihak yang paling peka terhadap kehadiran burung di sekitar mereka

Kepekaan itulah yang coba murid SD Al Jabr Islamic School Jakarta pupuk dengan pengetahuan saat berkunjung ke Kota Bogor, Kamis (23/03). Matahari belum terlalu lama merekah saat mereka tiba, sejumlah burung berkicau dan hinggap di dahan-dahan pohon yang berada di sekitar kantor Burung Indonesia. Pohon-pohon buah memang menjadi naungan favorit bagi burung-burung perkotaan.

Sebanyak enam orang murid yang datang berkunjung mengantungi 15 pertanyaan yang telah mereka persiapkan dan disampaikan secara bergantian. Kunjungan ini merupakan bagian dari materi pembelajaran mengenai ketergantungan keragaman hayati dengan pengelolaan keseimbangan organisme yang ada di lingkungan.

Pengetahuan yang digali saat berdialog dengan staff Burung Indonesia dimaksudkan agar mereka memahami pengaruh perubahan lingkungan pelestarian populasi burung di area sekolah. Pasalnya, burung adalah satwa yang sangat sensitif terhadap perubahan di lingkungannya. Hal ini disebabkan burung memiliki keterikatan pada habitat yang cukup spesifik atau pada sumber makanan tertentu. Banyak jenis pohon buah atau serangga yang menjadi sumber pakan burung dipengaruhi juga oleh hal yang sama.

Selain itu, sejumlah murid juga melontarkan pertanyaan seputar perilaku burung-burung di perkotaan yang biasa mereka lihat. Dari kunjungan ini mereka pulang membawa pengetahuan mengenai dampak perubahan lingkungan terhadap populasi burung, dan akan mengajak kawan-kawannya di sekolah untuk aktif menjaga kelestarian lingkungan.

id_IDIndonesian