Skip to content Skip to footer

Cerita Kita Tentang Terumbu Karang dan Hutan

Sebagian besar dari kita mungkin sudah pernah melihat terumbu karang, baik snorkling (menyelam di laut) ataupun hanya melihat gambarnya saja di televisi. Bagi kita yang awam, apakah sudah sepenuhnya kita paham apa yang dimaksud dengan terumbu karang? Apakah ada perbedaan antara terumbu dan karang? Apakah karang makhluk hidup? Itulah sederet pertanyaan yang harus dijawab tatkala membicarakan terumbu karang.

Dr. Neviaty Zamani dari Departemen Ilmu dan Kelautan, Fakultas Perikanan Institut Pertanian Bogor, membeberkan pengetahun dasar terumbu karang pada Konferensi Terumbu Karang untuk Keseimbangan Ekosistem Laut Indonesia di Auditorium Sumardi Sastrakusumah, IPB, Sabtu (29/9).

Nevy menjelaskan bahwa terumbu dan karang adalah berbeda. Terumbu benda mati, sementara karang benda hidup. Terumbu, lanjut Nevy, adalah partikel mati hasil metabolisme hewan karang. Partikel mati inilah yang kemudian mengeras selama puluhan, ratusan, bahkan jutaan tahun membentuk karang keras yang berfungsi sebagai ‘beton’ pelindung pantai. Keberadaan terumbu karang secara fisik sangat penting bagi perlindungan pantai dari abrasi dan dapat mengurangi dampak bencana tsunami.

Untuk cerita lebih lanjutnya silakan baca disini

id_IDIndonesian