Skip to content Skip to footer

Menghadap Laut di Gorontalo dan Manggarai Barat

Sebagai respon atas agenda nasional “Menghadap Laut 2.0” yang digagas oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Burung Indonesia menyelenggarakan aksi bersih pantai di area kerja Gorontalo dan Flores. Agenda tahunan ini secara  serentak digelar pada Minggu, 18 Agustus lalu di 74 titik seluruh Indonesia. Sebagai puncak acara, bendera merah putih sepanjang 74 meter dibentangkan dengan diiringi lagi “Padamu Negeri”.

Aksi Menghadap Laut di Gorontalo diselenggarakan di Pantai Pohon Cinta, Kota Marisa, Kabupaten Pohuwato diikuti oleh masyarakat dari berbagai kalangan yang jumlahnya mencapai 250 orang. Pada kesempatan ini Bupati Pohuwato menyampaikan imbauan yang berisi ajakan kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta menjaga laut dan sumber daya pesisir. Amsurya Warman Amsa, selaku Program Manager  Burung Indonesia di Gorontalo mengatakan meski baru pertama kali digelar di Pohuwato, namun agenda tahunan ini merupakan titik awal komitmen bersama terhadap perlindungan dan pelestarian sumber daya pesisir.

Sedikitnya 470,59 kg sampah berhasil dikumpulkan baik dari daratan maupun dari dasar laut. Pengambilan sampah dari dasar laut yang dilakukan oleh tim POSSI dan Free Dive Gorontalo ini sekaligus sebagai bukti bahwa sampah yang dibuang ke laut mengendap di dalam lautan. Selanjutnya, sampah-sampah tersebut diolah oleh Unit Pengolahan Sampah Terpadu milik Dinas Lingkungan Hidup setempat. Para peserta yang berpartisipasi dalam acara tersebut juga menandatangani komitmen bersama untuk menjaga laut.

Sementara itu di Flores, tepatnya di Pantai Rangko sebanyak 230 orang berpartisipasi dalam kegiatan serupa. Para peserta pada kegiatan yang diorganisir oleh Burung Indonesia ini berhasil mengumpulkan sampah seberat 261kg yang sebagian besar merupakan sampah yang sulit terurai. Sampah yang terkumpul di area seluas 8.000 meter persegi  ini kemudian dibawa ke TPA oleh pihak DLHK Kabupaten Manggarai Barat.

Isu sampah di laut memang menjadi perhatian bersama akhir-akhir ini dan “ Menghadap Laut” dirasa menjadi agenda yang tepat untuk menggerakkan seluruh lapisan masyarakan untuk merespon isu tersebut. Sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan dan keragaman hayati, Burung Indonesia mengambil peran untuk mendukung gerakan tersebut, secara khusus untuk melestarikan ekosistem laut yang juga menjadi area penting bagi burung dan spesies lainnya. (ARI)

id_IDIndonesian