Skip to content Skip to footer

Raptor Watch 2018

Indonesia, yang terletak di garis khatulistiwa dan mendapatkan panas matahari sepanjang tahun adalah salah satu wilayah transit dan tujuan bagi berbagai burung migran di seluruh dunia. Salah satu jenis burung migran yang menjadikan Indonesia destinasi utama mereka adalah elang. Burung pemangsa ini terbang melalui jalur yang dikenal dengan sebutan Koridor Daratan Timur (East Asia Continental Flyway) yang terbentang dari jalur Siberia ke Asia Tenggara.

Diperkirakan, sekitar satu juta individu burung pemangsa akan melintasi Koridor Daratan Timur yang panjangnya diperkirakan sekitar tujuh ribu kilometer. Beberapa jenis raptor yang selalu melalui Koridor Daratan Timur diantaranya elang-alap cina (Accipiter soloensis), elang-alap nipon (Accipiter gularis), dan sikep-madu asia (Pernis ptilorhynchus). Sementara itu, salah satu lokasi yang menjadi spot pengamatan migrasi burung raptor adalah Bukit Paralayang di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

FAQ Raptor Watch

Q : Bagaimana cara bergabung dengan kegiatan Raptor Watch 2018?
A : Kegiatan Raptor Watch terbuka untuk umum. Untuk mengikuti kegiatan tersebut, teman-teman dapat langsung datang ke Bukit Paralayang/Paragliding, Puncak, Bogor pada hari Sabtu, 20 Oktober 2018. Acara akan dilaksanakan pada pukul 07.00 pagi hingga 12.00 siang.

Q : Apakah ada biaya kegiatan yang harus disiapkan untuk Raptor Watch 2018?
A : Burung Indonesia tidak memungut biaya apapun untuk kegiatan ini. Hanya, perlu disipkan uang sebesar Rp 13.000,- untuk tiket masuk Bukit Paralayang, Puncak, Bogor dan tambahan Rp 5000,- apabila membawa kendaraan.

Q : Apa yang harus saya pakai/bawa pada kegiatan tersebut?
A : Pakaian apapun yang nyaman dan cocok untuk kegiatan outdoor, sepasang sepatu olahraga/sandal, topi, dan tabir surya dapat dikenakan. Kamu juga dapat membawa binokuler atau kamera kesayanganmu untuk mengamati raptor yang sedang bermigrasi dengan lebih jelas.

Q : Apakah ada kontak yang bisa dihubungi?
A : Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Haura di 081111-454-88 (WA/LINE) atau melalui email ke membership@burung.org

id_IDIndonesian