Skip to content Skip to footer

Undangan Expression of Interest

Burung Indonesia adalah organisasi nirlaba yang telah bergiat sejak 15 Juli 2002, bertujuan melestarikan seluruh jenis burung dan habitatnya di Indonesia, serta bekerjasama dengan masyarakat untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Saat ini Burung Indonesia tengah mempersiapkan sebuah program yang bertujuan untuk mendukung kegiatan konservasi keanekaragaman hayati di Biodiversity Hotspot Wallacea, termasuk untuk peningkatan kapasitas para pihak.

Untuk itu, Burung Indonesia mengundang tenaga profesional muda yang kreatif, dinamis dan energik untuk menyampaikan Pernyataan Ketertarikan (Expression of Interest) untuk bergabung dalam tim pelaksana program untuk posisi sebagai berikut:

  1. Team Leader (TL)
  2. Grant Manager (GM)
  3. Capacity Building Advisor (CBA)

Semua posisi ini akan berkedudukan di Bogor dengan penugasan ke beberapa wilayah di Wallacea yaitu Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara, serta Timor-Leste.

Team Leader (TL)

Gambaran umum pekerjaan
Mengelola seluruh aspek pelaksanaan program untuk memastikan pencapaian tujuan sesuai dengan perencanaan. Memastikan semua aspek manajemen baik perencanaan, implementasi, supervisi, pelaporan, dan pemantauan serta evaluasi dapat berjalan dengan baik.

Mengelola staf dan konsultan yang tergabung dalam tim pelaksana proyek. Memimpin dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan program, termasuk promosi, komunikasi dan pelibatan para pemangku kebijakan, peningkatan kapasitas, serta memperkuat jaringan untuk meningkatkan dukungan para pihak serta memperluas dampak program. Memastikan prosedur administrasi dan keuangan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kualifikasi:

  • Pendidikan S2 di bidang kehutanan, lingkungan, biologi, atau pengelolaan sumberdaya alam, atau memiliki kualifikasi profesional yang relevan dengan pengalaman dalam pengelolaan proyek konservasi, kehutanan dan pembangunan selama lebih dari 10 tahun;
  • Berpengalaman menyusun rencana pelaksanaan proyek, menulis laporan kepada donor, dan mengelola keuangan proyek;
  • Berpengalaman memimpin dan mensupervisi staf dalam satu unit kerja setara 10-15 staf dan konsultan;
  • Menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan sangat baik, secara lisan maupun tulisan;
  • Memiliki jiwa dan semangat leaderhip, professional, dan energik;
  • Bersedia melakukan monitoring pelaksanaan program di seluruh lokasi kegiatan di Wallacea.

Grant Manager (GM)

Gambaran umum pekerjaan
Mengelola seluruh aspek penyaluran hibah skala kecil (small grants) untuk organisasi masyarakat sipil, termasuk perencanaan, penyebaran informasi tentang peluang pendanaan, memberikan asistensi untuk pengembangan proposal para penerima dana, melaksanakan monitoring dan evaluasi, serta pelaporan.

Mengelola penyaluran dana dan memonitor pelaksanaan program melalui koordinasi dan kerjasama dengan tim yang dibentuk di bawah supervisi Team Leader.

Kualifikasi:

  • Pendidikan S2 ilmu lingkungan, kehutanan, biologi, pengelolaan sumber daya alam, atau memiliki kualifikasi profesional yang relevan;
  • Memiliki pengalaman mengelola dana hibah skala kecil dalam proyek konservasi, kehutanan dan pembangunan sekurang-kurangnya lima tahun;
  • Berpengalaman luas dalam menulis proposal, menyusun kontrak, dan memberikan asistensi kepada organisasi masyarakat sipil;
  • Menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan sangat baik, secara lisan maupun tulisan;
  • Bersedia melakukan monitoring program small grants di seluruh lokasi kegiatan di Wallacea.

Capacity Building Advisor (CBA)

Gambaran umum pekerjaan
Bertanggung jawab meningkatkan kapasitas para penerima hibah program small grants dan para pihak lokal di seluruh lokasi kegiatan di Wallacea dalam bidang konservasi, kebijakan, dan pengembangan masyarakat. Menyusun strategi peningkatan kapasitas bersama Team Leader, termasuk identifikasi kebutuhan para penerima hibah dan pihak terkait.

Bersama Program Officer mengkoordinasikan kegiatan pelatihan, serta menyediakan asistensi yang diperlukan dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi program.

Kualifikasi:

  • Pendidikan minimum S2 ilmu lingkungan, pengelolaan sumber daya alam, kehutanan, dan biologi, atau memiliki kualifikasi profesional yang relevan;
  • Memiliki pengalaman bekerja di bidang pengelolaan proyek konservasi, kehutanan, pembangunan, komunikasi atau bidang lain yang relevan dengan pengembangan kapasitas organisasi non-pemerintah sekurang-kurangnya lima tahun;
  • Berpengalaman dalam memfasilitasi pengembangan kapasitas organisasi, para pihak atau institusi pemerintah;
  • Menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik;
  • Bersedia ditugaskan di lokasi kegiatan di Wallacea yang ditunjuk, termasuk di lokasi-lokasi terpencil tempat dilangsungkan kegiatan.

Pernyataan Ketertarikan maksimal satu halaman dan CV disampaikan dalam Bahasa Inggris, dikirim ke alamat email: recruit@burung.org atau alamat surat: PO. Box.310/BOO, Bogor 16003, INDONESIA paling lambat tanggal 31 Oktober 2014. Cantumkan kode posisi pada subjek email atau pada sebelah kanan atas amplop. Hanya mereka yang menanggapi undangan dan yang memenuhi syarat yang akan dipanggil untuk proses lebih lanjut.

Recruitment
Burung Indonesia
Jl. Dadali No. 32
BOGOR 16161
Telp. +62 251 8357 222
Fax. +62 251 8357 961
Website: www.burung.org

id_IDIndonesian