Skip to content Skip to footer

Sikatan Terancam Punah dari Pegunungan Lompobattang

Melihat tampilan fisiknya, burung kecil berukuran 10-11 cm ini mungkin tampak tak terlalu istimewa. Ia tak memiliki bulu-bulu menawan yang berwarna-warni atau jambul yang bergerak ketika waspada. Namun, sikatan lompobattang (Ficedula bonthaina) merupakan salah satu burung yang hidup dengan status keterancaman tinggi secara global.

Badan Konservasi Dunia (IUCN) menyatakan sikatan lompobattang sebagai jenis bestatus Genting (Endangered/EN) terhadap kepunahan. Jenis ini memiliki sebaran populasi yang sangat kecil dan hanya dapat ditemukan di Pegunungan Lompobattang, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Burung Indonesia mencatat, dari 1769 jenis burung yang terdapat di Indonesia, sikatan lompobattang menjadi salah satu dari 40 jenis burung yang genting terhadap kepunahan. Artinya, dua langkah lagi jenis ini akan mendekati status punah di habitat aslinya apabila tidak ada upaya konservasi yang maksimal.

Penurunan populasi yang diduga masih terus berlanjut terhadap burung berukuran 10-11 cm ini diakibatkan hilangnya habitat dan degradasi hutan. Tim Burung Indonesia sempat melihat keberadaan burung endemis Pegunungan Lompobattang ini saat mengeksplorasi keragaman hayati di kawasan hutan Desa Pattaneteang, Bantaeng, Sulawesi Selatan, Mei lalu.

Pattaneteang sendiri masuk ke dalam kategori area penting bagi keanekaragaman hayati Karaeng-Lompobattang yang berada di kawasan Wallacea. Selain sikatan lompobattang, Pegunungan Lompobattang juga merupakan rumah bagi jenis endemis lainnya seperti walik lompobattang (Ramphiculus meridionalis) dan jenis kritis seperti tikus lompobattang (Bunomys coelestis).

***

Unduh wallpaper burung edisi September 2017 di tautan berikut ini: Sikatan lompobattang

Penting untuk diketahui: Dari sekitar 10,000 jenis burung yang ada di dunia, Indonesia merupakan rumah bagi 1,769 jenis burung liar. Mengetahui beragam jenis burung beserta jasa lingkungannya merupakan salah satu cara menghargai kekayaan keanekaragaman hayati di Indonesia.

id_IDIndonesian