Skip to content Skip to footer

Tujuh Rahasia Hutan yang Tersembunyi

Ada pertanyaan besar tentang dimana kita bisa menemukan pusat rekreasi terbesar dan supermarket paling alami? Tentu saja hutan tidak menjadi jawaban pertama, bukan begitu? Itulah hutan, yang ternyata menyimpan misteri.

Sudah terlalu lama kita melihat pepohonan sebagai obyek fungsional atau hiasan, obyek dalam sebuah latar ataupun di pinggir lapangan. Mereka menghiasi jalanan kota. Mereka memberi kita tempat untuk berteduh dari terik matahari. Mereka menyediakan sumber kertas dan energi, buah dan kacang-kacangan. Manfaat ini benar-benar ada.

Namun beberapa manfaat lainnya bahkan hampir tak terlihat oleh mata kita. Hutan bekerja dalam diam di belakang layar: mulai dari membersihkan air, menyaring udara, hingga melindungi kita dari perubahan iklim. Mereka adalah malaikat penjaga bagi miliaran orang di bumi, menyediakan makanan, obat-obatan, dan energi bagi mereka yang mungkin tak memiliki akses terhadap sumber daya. Mereka adalah rumah bagi lebih dari tiga perempat keanekaragaman hayati terestrial di dunia.

Setidaknya 80% kehidupan yang mengagumkan ada di hutan, tersembunyi jauh di rerimbunan pohon. Makhluk-makhluk mengagumkan hidup di dalamnya, beberapa mungkin kita kenal dan beberapa lainnya bisa mengejutkan kita. Seluruh makhluk hidup yang ada di sana, bahkan yang terkecil sekalipun, memainkan peran penting, bekerja keras untuk keberlanjutan kehidupan di bumi; juga tempat tinggal bagi manusia yang berusaha keras menjaga rumahnya dari kerusakan.

Tanpa disadari, hutan memiliki peran kunci dalam kehidupan kita. Inilah tujuh rahasia yang mereka simpan selama ini:

  1. Supermarket
    Lebih dari sekadar buah-buahan yang kita petik saat musim panen, hutan adalah pasar makanan yang sebenarnya. Pohon buah-buahan hasil budidaya yang kita makan umumnya bersumber dari pepohonan yang berasal dari hutan, ini belum termasuk kacang-kacangan dan rempah-rempah yang juga kita dapat darinya.
  2. Jaminan kehidupan
    Begitu banyak masyarakat yang menggantungkan sumber makanannya pada keberadaan hutan. Sekitar 40% masyarakat perdesaan kurang mampu yang jumlahnya sekitar 250 juta orang di dunia, hidup di sekitar kawasan hutan dan sabana. Bagi masyarakat ini, hutan dan pepohonan adalah jaminan untuk menghadapi ancaman kelaparan.
  3. Sumber air
    Hutan menyediakan sebagian besar air minum bagi lebih dari sepertiga kota-kota terbesar dunia. Banyak sungai dan aliran berhulu di hutan. Pepohonan di hutan berperan sebagai penyaring dan penyedia air bersih yang amat penting bagi kehidupan.
  4. Energi
    Sekitar sepertiga populasi dunia menggunakan kayu sebagai sumber energi mereka untuk kegiatan seperti memasak, merebus air, dan penghangat. Kayu dari hutan menyediakan setidaknya 40% dari energi terbarukan  di dunia. Pohon-pohon tumbuh kembali, tapi kita perlu memberi penekanan perihal penggunaan sumber daya ini secara berkelanjutan untuk melindungi hutan dari degradasi.
  5. Pahlawan super
    Hutan berperan seperti pahlawan super di film fiksi yang tidak menunjukan jati dirinya, tapi selalu bertarung demi kebaikan. Mereka adalah pahlawan kita yang memerangi perubahan iklim. Mereka membuat kota kita lebih berkelanjutan dengan mendinginkan udara dan menghilangkan polutan secara alami. Mereka menjaga kesehatan kita dengan menyediakan tempat untuk beristirahat. Mereka menghadapi degradasi lahan dan berjuang melawan hilangnya keanekaragaman hayati dengan menyediakan habitat bagi tumbuhan dan satwa.
  6. Penyerap karbon
    Hutan yang menjadi pahlawan kita ini, selalu menyediakan oksigen untuk kita hirup dan dengan kehebatannya dapat menyerap sekitar 2 milyar ton karbon dioksida setiap tahun. Sayangnya, sebagai pahlawan, kelemahannya adalah deforestasi yang dilakukan manusia. Deforestasi menjadi salah satu penyebab perubahan iklim dan hilangnya habitat keanekaragaman hayati.
  7. Rekreasi
    Hutan adalah lokasi rekreasi gratis yang baik bagi kita untuk sejenak mengurangi rasa penat di kota, mengamati keanekaragaman hayati, mendengar desir suara dari hutan, aroma pohon, menikmati sinar matahari yang menembus dedaunan, udara segar, serta hal lain yang memberikan kita rasa nyaman. Wisata berbasis alam sedang tumbuh tiga kali lebih banyak daripada industri wisata keseluruhan dan sekarang menyumbang 20% dari pasar global.

Tanpa kita sadari, hutan telah menjadi penolong kita. Mereka memainkan peran yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari kita secara rahasia. Kita tak bisa hidup sehat dan produktif tanpa keberadaannya. Inilah saatnya membocorkan rahasia hutan. Selamat Hari Hutan Internasional!

 

Sumber informasi: Food and Agriculture Organization (FAO)
id_IDIndonesian